Indonesia Art News Agency


Hari ini Opera Pinokio Digelar
Mei 17, 2007, 5:19 am
Filed under: theatre

pino-3.jpg

Teks oleh Frino Bariarcianur

Foto dokumen The Japan Foundation

Aku mengerti sekarang. Aku adalah Pinokio, si boneka kayu. Tapi walaupun aku tidak menjadi manusia, aku tetap bahagia.”

Ungkapan Pinokio si boneka kayu dengan hidung panjang dalam opera yang dibawakan oleh kelompok teater Konnyakuza dari Jepang, juga mengisahkan tentang petualangan Pinokio yang mengharu-biru. Kali ini Pinokio menjadi orang Jepang karena pementasannya menggunakan bahasa Jepang.   

Pementasan opera Pinokio dilaksanakan hari ini, Kamis, 17 Mei 2007 di Teater kecil, Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya 73, Jakarta, pukul 16.00 WIB.

Di dalam siaran persnya yang diwakili oleh The Japan Foundation mereka berharap melalui tur ke beberapa negara Asia ini masyarakat akan lebih tertarik dengan seni dan budaya Jepang. “Ini adalah momentum era baru opera,” ujar Diana, Humas The Japan Foundation.

Beberapa negara yang dikunjungi Kelompok Teater Konnyakuza diantaranya Malaysia, Vietnam,Thailand, Laos dan tentunya Indonesia.

Kelompok teater Konnyakuza menampilkan opera Pinokio dalam bahasa Jepang dengan esamble musik sederhana. Pertunjukkan ini pula merupakan karya terbaru mereka yang telah sukses di Jepang. Kelompok teater yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini sendiri punya segudang jadwal pementasan yang padat. Dalam satu tahun saja mereka bisa tampil sebanyak 250 kali pementasan.

Pementasan Opera Pinokio ala Teater Konnyakuza terbagi ke dalam beberapa babak. Pertama, mengisahkan tentang kelahiran Pinokio. Babak ini penonton akan melihat bagaimana sabarnya tokoh kakek Gappeto mengurus Pinokio. Babak kedua, Pinokio melihat pertunjukkan boneka yang mirip dengannya. Dia ikut serta pertunjukkan dan berakhir tepuk tangan luar biasa. Oleh pemilik boneka ia ditawari bergabung tapi ia menolak. Babak ketiga, Pinokio bertemu dengan tokoh jahat Si Rubah dan Si Kucing. Kedua binatang ini hendak mencuri koin emas milik Pinokio pemberian dari si pemain boneka. Pinokio tertangkap dan diikat di pohon. Seorang perempuan bernyanyi,”Pinokio, jangan putus harapan.”Babak selanjutnya Pinokio menjadi hilang arah. Bahkan ia sempat mencuri sebutir tomat karena lapar. Lagi-lagi ia digantung karena dituduh mencuri ayam-ayam milik Pak Tani. Tapi setelah ia membuktikan bukan dia yang mencuri akhirnya dilepaskan.

Babak kelima Pinokio berada di Negeri Mainan.

Negeri Mainan adalah sebuah tempat dimana anak-anak tidak perlu belajar dan melakukan apa pun yang anak-anak inginkan. Di negeri ini Pinokio bermain sepuasnya dan lupa waktu. Di Negeri Mainan, semua anak-anak yang tidak melakukan apa pun kecuali bermain, pada akhirnya, akan berubah menjadi keledai dan kemudian dijual di pasar. Begitu juga dengan Pinokio. Akhirnya dia dilempar ke laut dan dimakan ikan paus.

Keseluruhan cerita ini ditutup dengan cerita yang mengharu biru dimana Pinokio bertemu kembali dengan Kakek Gappeto. Pinokio seperti ingin menebus kesalahannya yang berulang kali. Dengan gagah ia menyelamatkan kakek Gappeto. Ia berenang sekuat tenaga membawa kakek Gappeto. Suara seorang gadis terdengar lagi,”Wah, wah, Pinokio… kamu sekarang telah menjadi kuat…”

Pinokio pun berkata,” Aku mengerti sekarang. Aku adalah Pinokio, si boneka kayu. Tapi walaupun aku tidak menjadi manusia, aku tetap bahagia.”

Pinokio si Boneka Kayu

Pinokio dicipatakan oleh Carlo Collodi [Carlo Lorenzini], seorang jurnalis berkebangsaan Itali yang hidup pada tahun 1826-1890. Ia juga seorang penulis dan pengamat pendidikan. Judul asli cerita Pinokio adalah Storia Di Un Burattino (Kisah sebuah Boneka).

Cerita Pinokio dimuat berseri di mingguan Il Giornale dei Bambin, sebuah bacaan untuk anak-anak. Pada versi majalah ini Pinokio mati digantung.

Pinokio sebenarnya tokoh boneka yang sangat nakal, bodoh, manja dan keras kepala. Namun di dalam pabrik kartun Walt Disney, tokoh Pinokio diubah menjadi anak yang baik. Malah keluarga Lorenzini sempat protes. Tapi Walt Disney keras kepala juga, mereka bersikukuh menampilkan tokoh Pinokio yang baik.

Pinokio mempunyai seorang sahabat Jimi Jengkerik, yang selalu setia menasehati Pinokio. Pinokio juga selalu diperhatikan oleh Ibu Peri Biru yang cantik. Peri Biru inilah yang mengubah Pinokio jadi manusia. Tokoh lain dalam cerita ini ada Si Rubah dan si Kucing yang jahat. Dan tentunya Kakek Gappeto yang sabar.

Pinokio si boneka kayu berhidung panjang ini termasuk cerita klasik terpopuler sepanjang masa.[]

Informasi Pinokio silakan buka : http://www.pinocchio.it/home.htm atau ingin tahu Kelompok Teater Konnyakuza http://www.konnyakuza.com/

About these ads

5 Komentar so far
Tinggalkan komentar

garita di atas bisa di bahasa inggriskan

Komentar oleh findi candra

tolong kirim ke email saya

Komentar oleh findi candra

cerita dibuat teks dan kirim sekarang

Komentar oleh findi candra

It’s awesome for me to have a web page, which is useful
designed for my knowledge. thanks admin

Komentar oleh video marketing

Essentially protection is one calamity administration arranges where
the client pays a premium consistently and around then of the debacle they get some
measure of financing that was expressed in the agreement to defeat the circumstances.

This report analyzed data collected from 2006 and 2007.
Before we discuss what happens if you only have liability insurance and
you get into a crash, you should find out what the required liability insurance limits are in your state and what
they mean.

Komentar oleh cheap auto insurance san diego




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.