Indonesia Art News Agency


IT’S FUN 2 B A WOMAN
April 20, 2007, 5:59 am
Filed under: visual arts

ika-2.jpgira-2.jpg

Karya keramik Ika W. Burhan dan Ira Suryandari [sumber: Galeri Cemara 6]

Tema perempuan tak pernah habis untuk dieksplorasi. Kali ini Cemara 6 menyuguhkan pameran patung keramik karya Ika W. Burhan dan Ira Suryandari.Pada siaran pers yang dikeluarkan Galeri Cemara 6 Jakarta mengenai pameran bertajuk “It’ Fun 2 B A Woman” menyatakan bahwa menjadi perempuan tidak pernah menjadi hal yang biasa, tetapi luar biasa. Terlebih lagi menjadi perempuan yang menyenangkan.

Keramik sebagai medium ungkapan seni juga sangat menyenangkan dan bagi sebagian orang [seniman] pekerjaan ini menantang. Butuh perhatian khusus ketika sedang berproses; mulai dari mengolah tanah, membentuk sampai membakar keramik di dalam tungku.

Pameran ini diselenggarakan karena mencermati praktek seni keramik saat ini, sedikit demi sedikit, mulai mendapatkan perhatian dari kalangan muda. Ini mencerminkan mulai besarnya penghargaaan dan perhatian pada keberagaman medium artistik dalam wacana seni kontemporer di tanah air.

Pameran kali ini menampilkan dua perupa muda yang menyuguhkan persoalan-persoalan mereka [perempuan] dengan kesehariannya. Melalui karya-karya berukuran kecil beragam gestur sosok perempuan dihadirkan.

Ira menampilkan kecenderungan untuk berkomentar tentang manusia disekitar secara keseharian, dengan watak karikatural. Ira secara artistik menunjukan kehalusan dalam menggarap medium. Seringkali ia memberikan sedikit sentuhan dekorasi di badan patungnya. Dengan pewarnaan glazir yang sekedarnya, sehingga kesan alami badan keramik menjadi sangat dipentingkan, karena memunculkan karakter yang khas.

Semenara Ika memilih tema perempuan dengan lebih bergejolak, memancarkan adanya pergumulan jender dalam kehidupan disekitarnya. Maka patung-patungnya pun lebih bertekstur dan bergestur lebih dinamis. Permukaan keramik dipoles dengan pewarna glasir dengan garukan jari-jarinya yang terjejak diatas permukaan lempung, seolah mencerminkan bahwa persoalan seputar isu jender bagi Ika sangat mengganggu dirinya. Dengan gaya ini Ika menggambarkan segala persoalan perempuan dengan nada yang tak garang.

Kedua seniman ini melihat persoalan lebih intim. Melakoni hidup sehari-hari sebagai perempuan dan menyuguhkan kembali persoalan diri [perempuan] dengan gaya yang khas.

Pameran keramik “It’s Fun 2 B A Woman” mulai dipamerkan tanggal 25 April – 15 Mei 2007 di Galeri Cemara 6, jalan Jl. HOS. Cokroaminoto No 9 – 11 Menteng, Jakarta. Pameran dibuka oleh Effendy Gazali & News dot Com serta dimeriahkan dengan lagu puisi dan petikan gitar Nana – Jubing, pada hari Rabu, 25 April 2007, pukul 19.30 WIB.[frino bariarcianur barus]


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

It’s really very complex in this full of activity life to listen news on Television, therefore I only use world wide web for that purpose, and get the hottest information.

Komentar oleh Bernardo




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s