Indonesia Art News Agency


Borobudur dalam Jalinan Nilai Religi, Seni dan Sejarah
Mei 2, 2007, 10:44 pm
Filed under: Literature | Tag:

borobudur.jpg

Saat ini ribuan bahkan jutaan orang telah menyaksikan secara langsung kemegahan Candi Borobudur. Tidak heran rumah ibadah umat Budha yang memiliki 72 stupa ini membuat decak kagum siapa pun juga. Tetapi masihkah kita percaya bahwa ia adalah bagian dari keajaiban dunia yang kita banggakan itu?

Kiranya pertanyaan inilah yang coba dijawab dalam Dialog kebudayaan dalam rangka pameran seni visual ‘The Thousand Mysteries of Borobudur’ dengan tema “Borobudur dalam Jalinan Nilai Religi, Seni & Sejarah”. Dialog ini dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Mei 2007, Pukul 19.00 WIB di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan No 7, Alun-alun Utara, Yogyakarta 55000.

Adapun nara sumber dialog ini terdiri dari para ahli sejarah, religi dan seni, diantaranya; St. Sunardi [staf pengajar Universitas Sanata Dharma/USD, Yogyakarta], Bante Phanyapharo [Wakil Joti Wihara Muntilan Magelang] dan DR. Daud Aris Tanudirja [Sejarawan, UGM]. Bertindak sebagai moderator dialog DR. Amiluhur Soeroso.

Tema “Borobudur Dalam Jalinan Nilai Religi, Seni & Sejarah” diangkat agar bangsa Indonesia sebagai pewaris Candi Borobudur tidak hanya kagum dan terbuai saja lantas melupakan nilai religi, seni dan sejarah Candi Borobudur. Nunuk Ambarwati, Chier of Project Coordinator, dalam siaran persnya menyatakan bahwa kita harus mengungkap lagi pengetahuan dan misteri yang ada pada Candi Borobudur.

Lebih lanjut Nunuk menjelaskan sudah ada yang mencoba mendekati Candi Borobudur dengan cara memecah bagian-bagian tertentu dari Borobudur, sehingga memudahkan orang untuk memahami detail sejarahnya. Namun pada bagian sejarah inilah banyak menyimpan data berpotensi meragukan. Untuk itu para sejarawan kita ditantang untuk lebih meyakinkan kepada dunia, minimal kapan tepatnya Borobudur itu didirikan.

Forum dialog yang diselenggarakan oleh Jogja Gallery berharap pertemuan ini mampu menimbulkan pergulatan intelektual yang menarik sehingga dapat memberi peluang terjadinya fenomena atau hasil kreativitas baru, seperti halnya yang pernah dihasilkan oleh seniman dan rohaniwan 13 abad yang lalu ketika bertemu membuat Borobudur. Selain itu dapat juga memunculkan satu kesepakatan dan pernyataan bersama yang bersifat himbauan kepada semua pihak yang merasa peduli kepada nasib Borobudur di masa depan.[Frino Bariarcianur]

Info:

NUNUK AMBARWATI

Phone : +62 81 827 7073

Email : qnansha@yahoo.com

Sumber foto : http://www.riconsulate.am


20 Komentar so far
Tinggalkan komentar

sebagai bangsa indonesia kita wajib mensyukuri,karunia yang telah kita miliki peninggalan sejarah budaya-budaya yang ada di bumi nusantara ini..

Komentar oleh faikar

tolong kirimkan cerita sejarah cabdi Borobudur ke e-mail saya

Komentar oleh Indra

borobudur itu indah,,,,,,,??!!!!!banget tapi sayang aku ga pernah ke sto,,,,he,,he,,he,,hhhhhhhhhhh

Komentar oleh titi

KIRIM SALAM YAH UNTUK BUDHA YANG ADA DI CANDI,,,,,,KAPAN KAWIN,,,??KALO KAWIN AJAK KITA2 YAWX,,,,,

Komentar oleh SEDA

salam yah buat budha yang ada di candi,,,,kapan kawin,,,???!!! ntar low mau kawin ajak qta2 yaw,,,,,,,,,

Komentar oleh zeda

borobudur?suatu kebanggaan yang patut kita jaga sampe akhir masa
,aku dh pernah be2rapa kali ke borobudur pokoknya ga pernah bosan dech,,,kapan y ku bisa ke situ lagi?banyak kenangan ketika aku berda di borobudur dan takkan pernah ku lupa.mga borobudur bisa mengharumkan nama bangsa,,,,mungkin besok kalo ku dh nikah ku pengen liburan ke situ ma suami he,,,doain y,,,,,,

Komentar oleh infi

Borobudur merupakan karya agung kebanggaan Indonesia yang ssudah diakui dunia internasional. Inilah bukti bahwa bangsa Indonesia yang dikenal negeri paling koruptor yang 6 atau 3 dunia itu telah mengenal teknologi arsitektur yang dahsyat pada zamannya yang tidak mungkin bisa terbangun lagi oleh kita. Ayo generasi muda, apa yang bisa kita lakukan agar Indonesia dipandang dunia lagi…………….

Komentar oleh ekosuryanti

saya takjub saat melihat peninggalan bersejarah yg ada di indonesia… aku udah beberapa kali ke borobudur, terakhir liburan kemarin bareng temen2, pokoknya yg namanya borobudur tuh seru bgt buat tempat rekreasi sekaligus bisa tambah wawasan bagi kita yg dari gak tau jadi tau.. seharusnya kita sebagai bangsa indonesia tau sejarah candi borobudur, dam peninggalan2 sejarah lainnya.!!

ayo, buat generasi muda khususnya aku kita junjung sejarah budaya indonesia, kita lestarikan jangan sampai di akui oleh negara2 lain.. kaya cerita reog ponorogo.. hehehhehehheheh

Komentar oleh geee

borobudur……its amazing temple
aku pGn ke sono lagi..hiks…
knangan2 ma tmn2 smp da d stu..huhuhu…

Komentar oleh puspa

beberapa waktu yang lalu ak k borobudur ma temen gank!!
sebenernya dah sering jg kesana,tapi baru kemaren itu kita menggunakan jasa seorang guide bernama mbah yono…ternyata critanya gitu!!!bener2 ajiiib…tenks to mbah yono…

Komentar oleh kakakdikes

Kita semua bangsa indonesia harus bangga mempunyai candi Borobudur, yang termasuk salah satu keajaiban dunia.

Kita semua juga wajib menjaga dan melestarikannya……

Jadi pengen ke borobudur lagi……

Komentar oleh Gunady

borobudur is my reminescen

Komentar oleh bim2

salam buat mbak Nunuk Ambarwati
selamat bekerja !

Komentar oleh sujalma

candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia? yang benar lu? bukankah Borobudur adalah the forgotten wonders? tapi aku bangga tinggal di indonesia yang memiliki bangunan yang memilki nilai -nilai budaya yang sangat luar biasa sekali, candi borobudur dalah salah satu bangunan yang menandakan bahwa negara indonesai pernah mencapai kejayaan di masa lampau. tapi kenapa pemerintah tidak mengerti sama sekali mengenai ini, promosi ke luar kurang seakan-akan mereka tidak mengakui dan tidak pernah serius dalm hal ini, bagaiman wisatwan manca negara bahkan dunia mau mengakui kala candi kebanggaan kita ini adalah salah satu keajaiban dunia. kapan pemerintah mau berinisiatif pada dunia bahwa candi borobudur bukanlah the forgotten wonders tapi sebuah bangunan yang layak and enak untuk di teliti baik sejarawan dari negeri merah putih maupun dari dunia luar, makasih sebelumnya

Komentar oleh Arfah M. Tayeb

Tolog kirimkan sejarah berdirinya candi borobudur

Komentar oleh Rizqi

tolong kirimkan sejarah borobudur dan apa benar candi borobudur memiliki mistik????

Komentar oleh CeWE

Saya s3pendapat sama komentarnya Indra (saya ingin di kirimkan tentang sejarah Candi Borobudur) Coz saya ingin banyak tahu tentang Sejarahnya,,Key !!! di tunggu Lho E-mailnya

Komentar oleh AHMAD

Mohon bantuan, bila ada kawan-kawan yang memiliki sejarah berdirinya Borobudur, datanya dikirimkan ke Ahmad, Indra atau kawan-kawan.

Komentar oleh frino

mari menjaga peninggalan prasejarah indonesia

Komentar oleh depot-pulsa-listrik-pln

you are actually a good webmaster. The site loading
velocity is amazing. It seems that you’re doing any unique trick.
Also, The contents are masterpiece. you have performed a wonderful activity on
this matter!

Komentar oleh Billy Mousser




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s