Indonesia Art News Agency


Ludruk Karya Budaya Mojokerto
Mei 10, 2007, 3:29 am
Filed under: traditional

Teks : Frino Bariarcianur

Di Mojokerto ludruk adalah seni pertunjukkan tradisi yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Hebatnya di Mojokerto seni ini diprakarsai oleh seorang anggota Polsek Jetis bernama Cak Bantu.

Ludruk berasal dari Jawa Timur dikenal sebagai suatu suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian. Tema dalam pertunjukkan ini biasanya tentang kehidupan rakyat sehari-hari, perjuangan disertai dengan lawakan yang diiringi dengan alunan musik gamelan. Dan ludruk di Mojokerto termasuk ludruk fenomenal. Khususnya yang berada di Dusun Sukodono RT 02 RW 01 Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ludruk ini dikenal dengan nama ludruk Karya Budaya. Berkembangnya ludruk di Mojokerto tak lepas dari peran seorang anggota POLRI [Polsek Jetis] bernama Cak Bantu. Terlebih-lebih pada tahun 1967 masyarakat Desa Canggu sudah mengenal kesenian ini sejak dahulu kala. “Jaman penjajahan Belanda, ludruk di Desa Canggu sudah ada,” ujar Drs Eko Edy Susanto,Msi di dalam pernyataan tertulisnya.

Kemudian para tokoh masyarakat tergerak hati untuk mendirikan ludruk sebagai bentuk pelestarian budaya. Maka diamanatkan pada Cak Bantu untuk mendirikan grup ludruk. Tanggal 29 Mei 1969 berdirilah Karya Budaya yang dipimpin oleh Cak Bantu dengan binaan Polsek Jetis.Menjelang pemilu 1971, ludruk Karya Budaya ditanggap Partai Golkar sebagai hiburan kampanye Golkar selama satu bulan berpindah dari desa ke desa. Menurut Drs Eko Edy Susanto,Msi hal tersebut sangat dimanfaatkan Cak Bantu mempromosikan ludruk Karya Budaya. Dengan keberhasilan pada setiap pementasan membuat ludruk Karya Budaya dikenal masyarakat luas.

Tahun 1993 Cak Bantu Karya wafat. Secara aklamasi seluruh anggota memilih putra sulung Cak Bantu Karya memimpin ludruk Karya Budaya yakni Drs Eko Edy Susanto, Msi yang lebih akrab dipanggil Cak Edi Karya. Pada peringatan ke-30, ludruk Karya Budaya resmi menjadi menjadi Yayasan Kesenian dengan SK Notaris No.06 melalui akte Notaris Grace Yeanette Pohan, SH.

Dunia semakin berkembang, begitu pula kesenian ludruk.  

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-38 tahun, grup ludruk “Karya Budaya” mempersembahkan serangkaian acara, diantaranya istighosah dan pengajian yang dipimpin oleh Kiai Fakih Syafii asal daerah Berat Wetan, Kab.Mojokerto. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin Kliwon, 28 Mei 2007, pukul 19.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara Khitanan dilaksanakan pada hari Selasa Legi, 29 Mei 2007, pukul 08.00 WIB. Setelah khitanan tepatnya pada pukul 12.00-18.00 WIB dilanjutkan dengan pertunjukkan wayang kulit bersama dalang Anwar asal Mojokerto.

Selasa Legi malam adalah malam yang ditunggu, yakni pementasan Ludruk Karya Budaya dengan lakon “Naga Baru Klinting”. Pementasan ini dimulai pada pukul 21.00 WIB. Serangkaian acara ini mengambil temmpat di Pondok Jula Juli Ludruk Karya Budaya, Dusun Sukodono RT 02 RW 01 Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto 61310, Jawa Timur.[]


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

yang ini asli mojokerto. hidup mojokerto berikut seni-seninya

Komentar oleh aunur

saya juga suka tuh dengan ludruk spt kartolo, kirun, karya budaya, dll. ada yg punya cd-nya nggak? soalnya saya tinggal di luar jawa dan lagi kangen dengan ludruk

Komentar oleh caksifa

I read this post fully regarding the difference of hottest and preceding
technologies, it’s amazing article.

Komentar oleh Auto Accident Attorney

Hi there to all, the contents present at this site are
truly awesome for people knowledge, well, keep up the good work fellows.

Komentar oleh insurance




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s