Indonesia Art News Agency


Festival Alam dan Budaya Aceh 2007
Juni 7, 2007, 5:30 am
Filed under: festival

Teks oleh Frino Bariarcianur

Kondisi alam Aceh yang masih rusak akibat bencana alam harus segera diperbaiki. Niat ini diwujudkan dengan program “Moratorium Logging”, yakni pembekuan atau penghentian sementara seluruh aktivitas penebangan hutan dalam skala besar. Untuk mensosialisasikan program penting ini pemerintah wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menggelar “Festival Alam dan Budaya Aceh 2007”.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan pelestarian hutan Aceh yang telah rusak berat. Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berpendapat dengan lestarinya hutan Aceh akan menjamin keberlanjutan ekonomi rakyat Aceh di masa depan.

Untuk itu pemerintah Wilayah Provinsi Aceh menyusun kembali strategi Pengelolaan Hutan Aceh Melalui Re-design [penataan ulang], Reforestrasi [penanaman kembali hutan], dan Reduksi Deforestrasi [menekan laju kerusakan hutan] untuk mewujudkan “Hutan Lestari, Rakyat Aceh Sejahtera.”

Dengan kata lain pemerintah Aceh telah menyadari program “Moratorium Logging” tersebut untuk menahan laju kehancuran hutan. “Program ini juga merupakan program jangka panjang pemerintah Aceh dalam meletakkan pondasi pengelolaan hutan yang lestari dan adil bagi rakyat Aceh,”kata Irwandi.

Festival Alam dan Budaya Aceh 2007 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Juni 2007 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, pukul 13.30 WIB menggelar “Konser Hijau” bersama SLANK, Rafly dan Kande. Tentu tak ketinggalan Pagelaran Seni Tradisional Aceh seperti Tari Ranub Lampuan dan Seudati di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh.

Selain “Konser Hijau” juga akan digelar Lomba Pidato Dalam Bahasa Aceh, lomba karya tulis, lomba menggambar dan lomba desain poster. Para pecinta dunia fotografi pun tak ketinggalan, akan digelar juga lomba foto bertema lingkungan. Lomba-lomba ini digelar pada hari Sabtu, 9 Juni 2007.

Dengan penyelenggaraan Festival Alam dan Budaya Aceh 2007 kita semua tentunya berharap agar kondisi Aceh menjadi lebih baik.[]

Informasi :

Sekretariat Festival Alam dan Budaya Aceh II [FABA 2] 2007

Jalan T. Nyak Arief, Komplek Jeulingke Indah

[Belakang Gedung Dinas Syariat Islam NAD], LR Cendana No. 3-A, Banda Aceh 23114

Phone : 0651-7552084


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

bisakah kita l[p bilang aceh kembali pada julukan serambi makkah lagi setelah kejadian tsunami tersebut menimpa daerah itu.

Komentar oleh ana fi naimatin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s