Indonesia Art News Agency


Pengandaran Tersenyum
Juli 4, 2007, 9:45 am
Filed under: festival

Teks oleh Frino Bariarcianur

Setahun lalu wilayah Pangandaran diterjang Tsunami. Masyarakat Pangandaran berduka dan tidur di barak-barak pengungsian. Peristiwa tersebut menelan kerugian yang tak terhitung nilainya. Bagaimana pun duka ini harus segera dituntaskan. Tentunya dengan kerjasama dari berbagai pihak yang telah terjalin selama program recovery wilayah Pangandaran.

Salah satu upaya untuk mengembalikan kondisi yang kondusif, terutama di bidang pariwisata Pangandaran, Direktorat Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia akan menyelenggarakan pertunjukkan seni dan budaya dengan tema “Pangandaran Tersenyum”

Acara ini sendiri merupakan rangkaian program Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI yang mengambil tema “Kenali Negerimu Cintai Negerimu” yang ditujukan kepada masyarakat Indonesia dan dunia internasional. Harapannya tempat-tempat yang memiliki potensi wisata –yang pernah dilanda bencana—kini sudah aman dan dapat dikunjungi kembali oleh wisatawan. Program ini juga sekaligus ingin menunjukkan bahwa masyarakat Pangandaran –yang terkenal dengan keramah tamahannya—mulai pulih dari trauma Tsunami.

Sedangkan arti kata ”Tersenyum” merupakan akronim dari Tertib-Elok-Rapih-Sehat-Nyaman-Untuk-Masyarakat.

Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, 9-10 Juli 2007, di Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Adapun program seni dan budaya “Pangandaran Tersenyum” meliputi kegiatan pameran Usaha Kecil Menengah [UKM] masyarakat Pangandaran, pertunjukkan seni tradisi Tari Ronggeng dan Jaipong Bali. Selain itu masyarakat Pangandaran juga akan dihibur dengan penampilan artis-artis ibukota seperti Naif, rif/, dan Time Bomb.

Sementara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ciamis akan memperkenalkan wisata baru yang tak jauh dari Pangandaran. Objek wisata baru tersebut bernama Lembah Puteri di Karang Nini yang letaknya kurang lebih 12 KM dari Pangandaran. Dari tempat wisata Lembah Puteri pengunjung akan menikmati landskap pemandangan yang indah.

Dalam program “Pangandaran Tersenyum” Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang selama ini telah turut membangun kembali wilayah Pangandaran.

Mari bersama-sama menjadikan “Pangandaran Tersenyum!” []


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s