Indonesia Art News Agency


Festival Batik Nusantara
Juli 14, 2007, 1:32 pm
Filed under: festival

Teks oleh Frino BariarcianurBadan Pelestarian Pusaka Indonesia/BPPI (Indonesian Heritage Trust ) dan Pemerintah Kota Surakarta akan menyelenggarakan FESTIVAL BATIK NUSANTARA, pada hari Sabtu-Minggu, 28 – 29 JULI 2007 di Pendahpi Gede, Balaikota Surakarta, Jalan Jenderal Sudirman No.2 Solo. Acara festival ini juga akan diisi dengan kegiatan Seminar Batik Nusantara, Pameran Apresiasi Batik Nusantara, Bursa Batik, Kontes 1000 Anak Membatik dan Jelajah Batik.

Adapun acara seminar Batik Nusantara akan yang mengangkat berbagai persoalan dunia batik di Indonesia. Semintar ini terbagi atas beberapa sesi. Topik pertama berkenaan dengan hal HAKI yang akan disampaikan oleh Prof. Abdul Bari Azed dengan judul makalah “Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta Bagi Pembatik”. Pembicara kedua, Dr. Dharsono akan mengangkat topik “Makna Filosofis dan Penggalian dari Berbagai Daerah dan Masa Sejarahnya” Sesi pertama seminar akan dimoderatori oleh Drs. Soedarmono, SU.

Sementara Ir. Sri Soedewi Samsi akan mengetengahkan persoalan “Motif, Proses dan Teknik Pembatikan” dan Dr. Nazir Tamara akan melihat apakah batik Indonesia juga dipengaruhi oleh Islam. Makalah Nazir berjudul “Pengaruh Islam pada Batik Nusantara “. Sesi kedua ini dimoderatori Dra. S.Rum Handayani, M.Si.

Seminar Batik Nusantara juga akan melihat prospek dunia batik nusantara dari segi perekonomian dengan pembicara H. Santosa Doellah akan membahas “Batik dari Industri Rumah Menjadi Industri Besar, sebagai Pengalaman Pribadi” dan Dr. Widigdo Sukarman dengan topik “Batik dari Industri Rumah Menjadi Industri Besar, dari Segi Pendanaan Perbankan”. Sesi ini akan dimoderatori Dalang Kontemporer Sujiwo Tedjo.

Tak kalah menariknya pembahasan batik sebagai busana modern bersama pembicara Carmanita dengan moderator Ray Sahetapi. Keseluruhan acara seminar diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Juli 2007, pukul 10.00 – 15.55 WIB di Pendahpi Gede, Balaikota Surakarta, Jalan Jenderal Sudirman No.2 Solo.

Keesokan harinya pada tanggal 29 Juli 2007, mulai pukul 08.00 WIB, Festival Batik Nusantara menyuguhkan Kontes 1000 Pembatik Anak-anak Usia 5-12 Tahun di Halaman Balaikota Surakarta. Selain itu ada pula kegiatan penjelajahan dunia batik ke Kampung Batik Laweyan, Museum Batik Danar Hadi dan Kampung Batik Kauman. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi ini silakan hubungi Heru Mataya 0816675 808, 0271-7501242, 0271-717571. Semoga Batik tak diklaim milik bangsa lain lagi.[]


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s