Indonesia Art News Agency


Indonesia Pusaka Versi Adam Gyorgy
Agustus 2, 2007, 8:05 pm
Filed under: music

piano001.jpg

Teks oleh Arief Budiman*

Pianis muda asal Hungaria Adam Gyorgy akan menggelar konser di tiga kota besar di Indonesia pada bulan Agustus 2007. Masing – masing di Jakarta pada tanggal 7 Agustus 2007, Kraton Yogyakarta tanggal 12 Agustus, Candi Prambanan pada tanggal 17 Agustus dan akan berakhir di Bali pada tanggal 22 Agustus. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari hajatan musik klasik dan jazz Indonesia Pusaka Tour 2007 yang diprakarsai Citra Amalia.

Adam Gyorgy adalah jebolan Franzs Lisz Academy of music, Budapest, Hungaria. Ia masuk ke sekolah tersebut pada tahun 2000 dan lima tahun kemudian mendapat sebutan penghormatan sebagai Steinway Artis. Sebuah penghargaan prestisius untuk pianis kaliber dunia. Tentu saja itu adalah penggolongan yang layak bagi seorang Adam Gyorgy. Ia telah memperoleh sejumlah penghargaan untuk musik piano. Antara lain The National Youth Piano Competition pada tahun 1998. Dua tahun kemudian dia ambil bagian di “Pianist” award di Hungaria dan memenangkan dua penghargaan untuk kompetisi piano, triest dan hayd interpretation.

Ia juga meraih Vienna Classic Pize di Austria, Special Prize di San Remo Internasional Piano Competition 2003 dan merebut semua penghargaan pada The First International Chopin Piano Competition, Budapest, 2004.

Pada konser Indonesia Pusaka Tour ini, selain memang memainkan karya komponis Ismail Marzuki juga karena bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 62. Untuk menunjukan rasa hormat dan kekaguman pada pencapaian musik Indonesia, pianis Adam Gyorgy akan membawakan lagu Indonesia Pusaka gubahan Ismail Marzuki selain lagu-lagu klasik karya maestro musik klasik dunia. Disamping itu ia juga akan membawakan satu lagu karya Dwiki Darmawan bertema perdamaian.

Menurut pihak penyelenggara, konser Adam Gyorgy kali ini merupakan bagian dari upaya membangun dialog lintas budaya yang lebih intens, khususnya antara Indonesia dan Hungaria. Diharapkan pada masa – masa mendatang hubungan lewat kebudayaan khususnya musik akan dapat saling menginpirasi kelahiran karya – karya musik yang lebih baik dari kedua negara.

Pada tiap konsernya kali ini, Adam Gyorgy akan disertai oleh Hungarian Television yang tidak hanya meliput penyelenggaraan konser, tetapi juga meliput suasana, kesenian dan kebudayaan yang menarik di kota – kota tempat konser diselenggarakan. Penayangan ini dimaksudkan untuk mempromosikan alam dan kebudayaan Indonesia di Hungaria.

Acara ini diprakarsai oleh Citra Amalia bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Hungaria di Jakarta dan BIWA (Bali International Woman Association) dimana sebagian benefit dari konser ini dipercayakan kepada BIWA untuk program-program sosialnya. Sedangkan khusus di Jogjakarta diselenggarakan charity konser dengan Royal Gala Dinner di Kraton Jogjakarta yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Kabare Event. Hasil dari charity akan diberikan kepada Yayasan Merti Dusun yang peduli terhadap program pembiayaan anak-anak berprestasi yang kurang mampu.[]

* Penulis aktif di komunitas BALI NOW!

Untuk Informasi dapat menghubungi :

Selvi Amalia 08174734357

selvi@citramalia.com

www.citramalia.com


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

ngambil tulisan dr majalah mana nih mas arif budiman??

Komentar oleh sosro bahu




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s