Indonesia Art News Agency


Panjat Pinang di Kaliasin
Agustus 29, 2007, 9:24 pm
Filed under: traditional

Teks/foto oleh Frino Bariarcianur Barus
2-menit-b.jpg

Kali Asin [Jam Thang] salah satu perkampungan Tionghoa tertua yang terletak di Selatan kota Singkawang selalu memiliki daya tarik. Selain adat istiadat Tionghoa yang masih kental terasa kehidupan di sana pun begitu memesona. Saat menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-62 beberapa waktu lalu, saya mampir untuk melepas rindu.

Rupanya masyarakat Kali Asin sedang menggelar hiburan rakyat selama satu minggu. Acara hiburan rakyat ini juga bertepatan dengan ulang tahun kelenteng [red building/Thai Pe Khong] Hiap Thian Thai Thi yang usianya sudah lebih dari seratus tahun. Selain itu ada pula perlombaan khas masyarakat Indonesia pada HUT Kemerdekaan seperti Panjat Pinang.
kaliasin.jpg

Di sini saya melihat lagi bagaimana orang-orang Tionghoa yang katanya kebanyakan hidup dalam kemewahan, sebenarnya tak berbeda dengan penduduk Indonesia yang lain. Tetap menaikkan bendera, ikut panjat pinang, main sepak bola dan sungguh keterlaluan bila masih banyak yang menanyakan soal nasionalisme mereka terhadap negara Indonesia. Sebab itu tak relevan dan tak ada gunanya. Tak perlu lagi menanyakan soal nasionalisme itu kepada orang Tionghoa.

2-menit.jpg

Dan panjat pinang bukan hanya persoalan mendapatkan uang atau hadiah-hadiah. Pada permainan rakyat ini, dapat kita baca juga sebagai suatu kondisi bahwa orang Indonesia tak pernah mudah mendapatkan kemenangan. Begitu juga dengan orang Tionghoa Kali Asin. Mereka juga telah berkorban. []


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

memang begitu no, tapi banyak yang belum tau…demikian juga sebaliknya

Komentar oleh adi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s