Indonesia Art News Agency


Kemah Sastra di Solo
Februari 27, 2008, 1:17 pm
Filed under: agenda | Tag:

Teks : Frino Bariarcianur Barus

Kemah nggak hanya milik anak Pramuka atau pecinta alam, orang-orang pecinta sastra juga bisa berkemah. Di Solo sebentar lagi akan diadakan kemah khusus untuk mempelajari dunia sastra, namanya Kemah Sastra. Kemah ini, menurut rencana akan membongkar Sastra Indonesia Kontemporer mutakhir.

Program pembelajaran ala Pramuka ini dikonsep oleh para punggawa Buletin Sastra Pawon yang menawarkan proses pembelajaran sastra yang santai, egaliter dan segar.

Joko Sumantri, Koordinator Redaksi Buletin Sastra PAWON, menyatakan program Kemah Sastra didesain untuk menerabas formalitas dan kekakuan proses ajar. Menurut Joko, Kemah Sastra ingin “meniadakan” benda pembatas semacam dinding yang melingkupi peserta dalam proses pembelajaran.

Peserta Kemah Sastra adalah pelajar sekolah menengah dan mahasiswa yang memiliki keinginan kuat menjadi penulis mumpuni, juga menjadi ruang bagi komunitas sastra berkumpul dan berjejaring.

Panitia juga berharap program ini sekaligus dapat memajukan hubungan antar-komunitas sastra yang pada gilirannya memperkuat posisi komunitas sastra di percaturan sastra Nusantara.

Acara Kemah Sastra akan diselenggarakan pada hari Kamis – Minggu, 20-23 Maret 2008 di Bumi Perkemahan Jurug (Timur kampus UNS), Solo, Jl. Ir. Sutami, Jurug, Jebres, Solo. Setiap peserta dikenakan biaya Rp. 50.000 (umum) dan Rp. 40.000 (pelajar/mahasiswa).

Adapun materi Kemah Sastra diantaranya diskusi Membaca Sastra Indonesia Kontemporer, Kiat Penulisan Cerpen, Berbagi Pengalaman Menulis Novel, dan Mengenal Penulisan Esai. Selain itu ada juga Parade Pentas Teater Teater TESA, SOPO, Ayat, dan Sektesoerat.

Panitia Kemah Sastra telah menyiapkan nara sumber diantaranya Saut Situmorang, Triyanto Triwikromo, Fajar Widayanti, Indah Darmastuti, Yudhi Herwibowo, Titik Andarwati, Ary Yulistiana, Sanie B. Kuncoro, dan Ratih Kumala.

Asyiknya dalam program ini, peserta dan pemateri akan berbagi cerita mengenai proses membuat karya. Untuk lebih jelas silakan kunjungi http://www.pawonsastra.blogspot.com. []


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

aduhh…..
pengennya ikut, tapi kok juahuhhhhhhhhhhh bwgt yach,,,,,
Qu d jawa timur…………

Komentar oleh dede




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s