Indonesia Art News Agency


Solo Batik Carnival
April 8, 2008, 11:15 am
Filed under: festival | Tag:

Teks : Frino Bariarcianur [] Foto : Dokumentasi Solo Center Point

 

Citra kota Solo sebagai salah satu kota wisata dan kota budaya di Indonesia tak lepas dari batik. Pada perjalanan kulturalnya, Batik Solo menjadi salah satu akar pertumbuhan tradisi batik nusantara. “Batik is live, solo is batik” begitulah kira-kira menyebut kota Solo yang tak bisa dilepaskan dengan batik. Dan tahun ini Solo Center Point [SCP] Foundation dan Pemkot Surakarta kota Solo menggelar “Solo Batik Carnival.”

 

Di dalam siaran pers yang dikeluarkan panitia Solo Batik Carnival, Heru Prasetya, Direktur Program Solo Batik Carnival, menyatakan, Solo Batik Carnival (SBC) adalah suatu karnaval yang berbasis masyarakat dengan menggunakan batik, local genius kota Solo, sebagai sumber ide dasar dan spirit kreativitas masyarakat, yang selaras dengan Kota Solo – ‘ Solo, the Spirit of Java ‘.

 

Event ini bertujuan lebih mendekatkan masyarakat Solo dengan kearifan lokal kotanya dan mencintai pertumbuhan kotanya yang makin plural dan multikultural.

 

“Oleh karena itu, untuk mematangkan kualitas karnaval, peserta telah mengikuti worksop costume, dance, dan runway yang dipandu oleh Jember Fashion Carnival pada tanggal 16 Maret 2008 dan dilanjutkan pada tanggal 29 dan 30 Maret 2008 untuk menggali kreativitas dan memahami esensi karnaval itu,” kata Heru.

 

Event ini pula masih menurut Heru untuk mengakselerasi pertumbuhan dan citra Kota Solo sebagai Kota Batik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Adapun rangkaian acara terdiri dari : Royal Dinner dan pencanangan program Solo Batik Carnival 2008 serta peragaan 100 peserta Indoor Solo Batik Carnival di Pura Mangkunegaran, pada tanggal 12 April 2008, pukul 19.00 – 21.00 WIB. Acara selanjutnya pada tanggal 13 April 2008 menggelar “Solo Batik Carnival” dengan rute mulai dari Solo Center Point [Purwosari, Jl. Slamet Riyadi] dan berakhir di Balaikota Pemkot Surakarta [Jl. Jend. Sudirman]. Karnaval ini dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai.

 

Adapun acara pendamping Solo Batik Carnival adalah Srawung Batik. Kegiatan ini berupa pameran batik dan ragam produk handicraft yang diikuti oleh UKM-UKM batik dan handicraft dari Kota Solo.

 

Menurut Heru, Srawung Batik bertujuan untuk merekatkan hubungan perajin-perajin batik, para UKM batik dan UKM handicraft batik dengan konsumen. Selain itu pula memberdayakan ekonomi kerakyatan Kota Solo serta mengkokohkan Kota Solo sebagai Kota Batik. Pameran ini digelar di sepanjang city walk Jl. Slamet Riyadi, pukul. 08.00-16.00 WIB, dari Purwosari-Ndalem Wuryaningratan.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti atau berkunjung pada event ini silakan hubungi nomor : 0816675808, email: infomataya@yahoo.com, udandawet@gmail.com. Selamat berkarnaval. []


8 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Terima kasih atas info-nya,sangat membantu!

Komentar oleh Dony

Sama-sama 

Komentar oleh beritaseni

makasih buat infonya

Komentar oleh Aldi

jadi menangis sedih neh gara2 kejar deadline gak jadi ke solo mau hunting foto huaaaaaaaaaaaa

Komentar oleh pakDe

Solo Batik Carnival is amazing event,good job for Pemkot Solo, I’m very proud to be your citizens

Komentar oleh ria ajah

SBC masih kalah dengan TFF, padahal potensinya bisa dikatakan seimbang. Perlu diadakan remarketing untuk SBC..

Komentar oleh amri

Mampir baca… Salam

Komentar oleh Solo Life

[…] pertumbuhan dan citra Kota Solo sebagai Kota Batik di tingkat nasional maupun internasional. (beritaseni – […]

Ping balik oleh Solo Batik Carnival | KECaKOT




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s