Indonesia Art News Agency


DPR Benci Lagu SLANK
April 9, 2008, 4:59 pm
Filed under: music | Tag:

Teks : Frino Bariarcianur

Gara-gara Lirik lagu Gosip Jalanan, kelompok musik Slank mendapat kecaman dari DPR. Lirik lagu yang mendukung gerakan anti korupsi tersebut dianggap menghina lembaga terhormat tersebut. Dan kini DPR tengah mempersiapkan bahan-bahan gugatan kepada slank.

Salah satu penggalan lirik lagu Gosip Jalanan yang membuat anggota DPR marah berbunyi “Mau tau gak mafia di Senayan? Kerjanya tukang buat peraturan Bikin UUD ujung-ujungnya duit”. Penggalan lirik lagu tersebut menyakiti lembaga DPR, kata Wakil Ketua BK, Gayus Lumbuun, seperti diberitakan Suara Karya online dan beberapa media massa online.

“Ini grup komersial, bukan LSM. Kalau menjual, memojokkan seseorang itu ada hukumnya. Seluruh bangsa di negara ini, kehormatan ada di gedung ini. Ini rumah rakyat,” kata Gayus.

Ketua BK DPR Irsyad Sudiro juga menyatakan pihaknya tengah melengkapi bahan-bahan berupa kaset dan rekaman, serta pertimbangan komisi hukum [Komisi III] DPR, apakah layak untuk ditindaklanjuti secara hukum. “Kita akan minta pertimbangan apakah ini termasuk menistakan lembaga dan layak ditindaklanjuti,” kata Irsyad.

Berdasarkan berita Kompas online, Gayus Lumbuun, [7/04/08], usai rapat konsultasi tertutup antara BK DPR dengan Ketua DPR, Agung Laksono, mewakili lembaganya menyatakan bahwa lirik lagu itu menyakiti DPR dan DPR tengah mengkajinya, apakah lirik tersebut termasuk penistaan terhadap lembaga dan layak ditindaklanjuti secara hukum.

Lagu Gosip Jalanan sendiri merupakan salah satu lagu andalan SLANK dalam album PLUR [Peace Love Unity & Respect] pada tahun 2005. Lagu Gosip Jalanan yang dibikin tahun 2004 tersebut merupakan respon SLANK terhadap situasi sosial pada saat itu. Banyak gosip di jalanan yang menyebutkan bahwa lembaga terhormat DPR menjadi salah satu gudang korupsi di Indonesia. Slank kemudian mencomot gosip-gosip tersebut dan menjadikannya sebuah lagu.

“Waktu itu, gosip yang beredar di jalanan antara lain ya itu. Kami cuma menyanyikan gosip yang beredar di jalanan. Makanya, judul lagu itu Gosip Jalanan,” kata Abdee,gitaris kelompok Slank kepada kompas.com.

Sebelum kasus ini terjadi SLANK yang digawangi Bimbim [drum], Kaka [vocal], Abdee [gitar], Ridho [gitar], dan Ivanka [bass] menyerahkan lagu tersebut kepada Komisi Pemberatansan Korupsi [KPK], Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, sebagai bentuk kepedulian SLANK terhadap kasus-kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Namun niat baik SLANK tersebut berbuah kecaman dari anggota DPR.

DPR Ganggu Stabilitas Musik Indonesia
Kasus ini membuat pihak manajemen sekaligus panutan SLANK angkat bicara. Menurut Bunda Ifet, sosok ibu yang mengurus personil SLANK, menyatakan bahwa DPR kurang kerjaan. “DPR hanya mengganggu stabilitas dunia musik.”

Bunda Ifet juga menyatakan kepada DPR,”Kalau kurang kerjaan jangan merusak orang lain. Ini kan dunia musik, bukan dunia politik,” kata Bunda, Selasa [08/04/08], seperti diberitakan Kapanlagi.com

Pada konferensi pers di markas SLANK, Gang Potlot 3, Jakarta, Selasa (8/4), Bimbim, vocalis SLANK mengatakan,”Saya pikir terlalu kecil untuk diributkan, kita komit untuk tidak komitmen. Ya, terserah masyarakat yang bisa menilai.”

Seharusnya menurut Bimbim, di era reformasi sekarang kebebasan menyatakan pendapat dilindungi. “Tapi ini resiko, membuat sebuah kritik pasti suatu saat ada yang tidak terima. Kita hanya merasa risau selama 20 tahun buat lagu bertema sosial, belum pernah ditegur seperti ini.”

Namun demikian, SLANK siap melayani niatan gugatan DPR. Slank sebagai pihak tergugat siap melayani sejauh prosedurnya benar. “Kita siap melayani, jika itu benar sesuai prosedur,” kata Bunda Ifet.

Sejak berita kecaman DPR terhadap SLANK di berbagai media massa, banyak pihak yang menyayangkan dan malah mengecam balik sikap DPR yang tidak dewasa itu. DPR dianggap anti kritik. Padahal DPR seharusnya bercermin dan memperbaiki sikap agar lebih terbuka menerima kritik terutama lewat sebuah karya seni. [kompas online, suara karya online, kapanlagi.com, SLANK website]

Berikut lirik lagu Gosip :

Gosip jalanan

SLANK

Pernah kah lo denger mafia judi
Katanya banyak uang suap polisi
tentara jadi pengawal pribadi
Apa lo tau mafia narkoba
keluar masuk jadi bandar di penjara
terhukum mati tapi bisa ditunda

Siapa yang tau mafia selangkangan
Tempatnya lender-lendir berceceran
Uang jutaan bisa dapat perawan

Kacau balau … 2x negaraku ini …

Ada yang tau mafia peradilan
tangan kanan hukum di kiri pidana
dikasih uang habis perkara

Apa bener ada mafia pemilu
entah gaptek apa manipulasi data
ujungnya beli suara rakyat

Mau tau gak mafia di senayan
kerjanya tukang buat peraturan
bikin UUD ujung-ujungnya duit

Pernahkah gak denger triakan Allahu Akbar
pake peci tapi kelakuan barbar
ngerusakin bar orang ditampar-tampar


10 Komentar so far
Tinggalkan komentar

gua emang slankers,
tapi kalo gua ngak slankers pun, gua juga tetap belain slank… soalnya yang di bilang slank emang benar kok..
DPR emang sarang koruptor..
liat aja beriata tadi… Amin nasution ketangkap… gua sih asyik2 aja… terserah mereka deh… yang dosa masuk neraka… itu aja…Thanks..

Komentar oleh Deni

Nggak malu tuh hai DPR! Nelen ludahnya sediri, mau nuntut kok malah kejadian huwa…ha…ha…ha kasihan deh lu?

Komentar oleh Jalidu

tu orang2 DPR emang ga ad krjaan,ga tau malu,bukannya ngaca ma klakuannya,e….malah marah…
bukannya makasih dah ada yg ngingetin….makanya klo ga mau d omongin krja yg bner…..jgn cuma ngabisin duit negara…….dasar sapi ompong inget umur siapin lobang kubur donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Komentar oleh andee slank

Anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan [PPP], Al Amin Nasution yang tertangkap di Hotel Ritz Carlton, pada Rabu, dini hari, pkl. 02.00 WIB kini resmi menjadi tahanan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan selama 7 jam, Kamis [10/4/08]. Dan Al Amin resmi ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

Ternyata apa yang dinyanyikan SLANK benar. Gak hanya gosip jalanan! FAKTA!

Komentar oleh beritaseni

anggota DPR yg ga bersalah: pasti senyum2 doang…
anggota DPR yg ngerasa bersalah: pasti menyalak!

?!?

Komentar oleh tmnktkt

DPR o o DPR
kerja dulu jangan marah mulu,
DPR oo DPR
ngaca dulu jangan buru-buru

Komentar oleh enok

saya fans berat ama slank emang lagu slank ini…emang tercipta supaya para mata duit tu jangan terlalu makan hasil kekayaan rakyat….
rakyat selalu derita hanya karna koruptor bagi di negri ini,,,,,sampai kapan koruptor ini tuntas?saya rakyat kecil paling anti koruptor……

Komentar oleh pondok cmg slankissme

DPR emang markas koruptor kok.. dan itu sudah menjadi rahasia umum.. semua orang tau..

Gue rasa kalo emg bukan sarang koruptor, ngapain ditanggepin juga lirik lagunya slank? mungkin yang nanggepin itu boss koruptornya..

mendingan DPR ngurusin rakyat miskin sama pengangguran di Indonesia.. bukan ngurusin lirik lagunya Slank.. lagian ini negara demokrasi bukan negara DPR…

Komentar oleh Arfan

Hei, DPR. Inget ma umr, gue Fans brat nye SLANK nh, cman pngen ngucpin slamet ats trtngkap nya M. Amien Nasution yg trbukti sbagai trsangka korupsi.

Dan Mendingan pra DPR mkir dlu sblum brtndak. Klo seandai nya th memng gosip y d lhat dlu dnk gsip @ bnar. Nh gsip blum slesai msa lngsung dsrang.

Nih ngara udh orde baru bkan orde lama, jdi g prlu maen hantem.

Nh negara udh negara yang brdemokrasi udh bkan reformasi lgi jdi enggak prlu pke main hakim sendri.

Kan jadi nya para DPR sendiri yang jilat ma nelen truz elu kunyah sndiri dah air liur mu hai DPR.

Oya satu lagi sblum mngkritik lgu gosip jalanan knpa gak dari dlu kritik nya lagu “siapa yang salah” dari slank. Mendingan klo udh slah ngaku ja salah dari pda brdiri MENGANGKANG. Wkw. . . . . Wkw. . . . . Wkw. . . .

Komentar oleh Aan

Benci karena dikritik tuh gan para DPR nya. tapi menurut ane cuma ada segelintir atau seonggok manusia di DPR yang merasa benci pada lagu SLANK.😀

Komentar oleh Maxgrosir




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s