Indonesia Art News Agency


Ketika Putih Bertemu Hitam
April 12, 2008, 6:08 pm
Filed under: visual arts | Tag:

Teks/foto : Frino Bariarcianur

Efstahia Milaraki menggelar delapan lukisan di Galeri Esp’Art CCF Bandung, jalan Purnawarman 32 Bandung. Seniman perempuan ini menyebut lukisannya dengan kalimat yang puitis,”Quan le blanc rencontre le noir” atau “ketika putih bertemu hitam.”

Bagi Efstahia Milaraki warna hitam dan putih yang ia mainkan di atas kanvas adalah sarana pengungkapan yang terbaik. Sederhana dan memikat. Ia pun membuat bentuk dengan ekspresif. “Saya memilihnya dengan demikian mudah dan dengan mudah pula saya dapat menggantinya, saat saya merasa bahwa cara ini sudah tidak memuaskan saya lagi.”

Heru Hikayat, kurator independen, yang sempat hadir pada pembukaan pameran [8 April 2008] berkomentar,”Beberapa karyanya menarik. Dan dia rapi dalam membuat bentuk.”

“Tak perlu mencari konsep dalam lukisan saya,” kata Efsthahia Milaraki.

Begitu juga harus mencari unsur-unsur filsafat di dalamnya. Ia tak ingin penikmat seni harus berkerut-kerut memandang lukisannya. Seniman ini menekankan pada bahasa yang disiratkan melalui lukisan, yakni pada penekanan bentuk dan garis. Artinya soal makna menjadi milik siapa pun yang melihatnya. Dan hal lain tentulah soal kenyamanan melihat sebuah karya visual.

Ia menekankan sebuah karya lukisan sebagaimana setiap lukisan harus dilihat dengan segala kebijakan serta segala ketidaktahuan. Seolah masing-masing orang mempunyai cara tersendiri untuk mengekspresikan dirinya.

”Dan sejalan dengan itu seolah masing-masing orang melihat sebuah lukisan untuk pertama kali, tanpa satupun penghalang, tanpa satupun prasangka,” kata Efstahia Milaraki.

Pameran ini berlangsung sampai 14 April 2008.


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

mas frino kurang satu huruf “d” tuh di ketika,
salam sukses selalu
nurhidayat

Komentar oleh nurhidayat

lagi jalan-jalan sore nih…

Komentar oleh asmaraceleb




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s