Indonesia Art News Agency


Wayang Kulit Bergambar Tokoh Revolusi
April 18, 2008, 1:08 pm
Filed under: visual arts | Tag: , ,

Teks : Frino Bariarcianur
Pameran seni rupa yang diadakan di Hobby Studio milik Indonesian Visual Art Archive [IVAA] kali ini berbeda. Pamerannya berupa wayang kulit bergambar tokoh-tokoh revolusi kemerdekaan. Wayang-wayang tersebut dipamerkan dalam rangka usaha perdamaian bagi para veteran perang.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh IVAA, wayang-wayang yang dipamerkan merupakan pesanan dari Commando Diensten Centra / Koninklijk Tehuis voor Oud- Militairen Museum Bronbeek [Museum Militer] di negeri Belanda. Wayang kulit yang unik ini menggambarkan tokoh-tokoh penting dalam revolusi kemerdekaan pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Tokoh-tokoh penting yang dimaksud adalah para pejabat di masa awal Republik Indonesia, Panglima dan Komandan Tentara Perang Republik Indonesia, Panglima Perang Kerajaan Belanda dalam “Operasi Gagak”, Prajurit Para Komando dan Tentara Bayaran Kerajaan Belanda, serta pejabat Letnan Gubernur Belanda dan Wakil Tinggi Mahkota Kerajaan Belanda.

Pada akhirnya seluruh wayang-wayang tersebut akan tinggal di negara Belanda.

Adalah Ki Ledjar Soebroto si pembuat wayang-wayang pesanan tersebut. Ki Ledjar adalah seorang seniman wayang yang telah menciptakan beragam karya wayang kulit. Beberapa karya wayang kulitnya, antara lain : Wayang Kancil, Wayang Sultan Agung/VOC, Wayang Troya, Wayang Kartun Samurai X dan Wayang Joko Tarub. Bahkan karya-karya wayang Ki Ledjar telah dikoleksi oleh sejumlah museum publik di Indonesia, Belanda, Kanada dan Jerman.

Selain itu, IVAA juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan pameran ini merupakan bentuk kepedulian IVAA sebagai lembaga dokumentasi seni visual di Indonesia terhadap karya-karya seni seni rupa.

Pada pembukaan pameran, Kamis, 17 April 2008 kemarin, seorang dalang muda Ki Nanang yang merupakan cucu dari Ki Ledjar Soebroto, mementaskan wayang kulit dengan cerita Babad Sultan Agung yang berkisah tentang penyerbuan prajurit-prajurit Mataram menggempur tentara VOC di Batavia.

Pameran seni rupa wayang kulit karya Ki Ledjar Soebroto bertajuk “Agresi # 2” berlangsung dari tanggal 18 April sampai 2 Maret 2008 di Hobby Studio, Indonesian Visual Art Archive, Jl. Patehan Tengah No.37 Yogyakarta. []


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Pameran Wayang Kulit oleh Ki Ledjar Soebroto, bertajuk Agresi # 2, berlangsung pada 17 April – 2 Mei 2008. Silakan datang ke IVAA. Pukul 9.00am – 5.00 pm.
Thanks.

Komentar oleh mas ayu yulia

Panitia Mon Decor Painting Festival menanti karya Anda. Kirimkan foto karya dan data diri Anda ke Taman Budaya Yogyakarta, 21-30 April 2008. Seleksi dilakukan 5 Mei oleh Jim Supangkat (kurator), DR. Agus Burhan (Dekan FSR ISI Yogya), Ivan Sagito (seniman), dan Kuss Indarto (kurator). Hasil seleksi diumumkan 7 Mei 2007

Komentar oleh mondecor

terima masih mas ayu yulia, aku belum memberi nama pamerannya pada tulisann. Segera kuperbaiki. terima kasih!

Komentar oleh beritaseni

biSa tiDak pAmeran wAyAng terSebut dI pAmeRkan diDaerah yanG mAsIh sangAt tRadisiOnal, gUna meNingkAtkan nAsioNalisme Qt???

Komentar oleh Hupple nRz




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s