Indonesia Art News Agency


Penghargaan 100 Pusaka Surabaya
April 24, 2008, 6:00 pm
Filed under: heritage | Tag: , ,

Teks : Frino Bariarcianur
Surabaya Heritage dan Kelompok Pekerja Seni Pecinta Sejarah (KPSPS) pada bulan Maret lalu menyerahkan penghargaan ”100 Pusaka Surabaya” kepada sejumlah lembaga dan orang-orang yang berjasa menjaga kelestarian budaya di Surabaya.

Para penerima penghargaan ”100 Pusaka Surabaya” antara lain : PTPN 10 dan 11, ahli waris H.O.S COKRO AMINOTO, PT HM Sampoerna dengan upayanya mewujudkan House of Sampoerna., Wismilak, Bokormas, Zangrandi, dan Pusat Kebudayaan Prancis di Surabaya.

Freddy H Istanto, penggagas penghargaan menyatakan seperti yang dilansir detiksurabaya.com menyatakan,”Kami memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berhasil merawat gedung peninggalan sejarah dengan baik.”

Pemberian penghargaan ini diselenggarakan dalam rangka peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei. Dengan tujuan menggugah semua orang untuk peduli serta bangkit dalam seabad kebangkitan bangsa ini. Salah satu caranya menjaga kelestarian budaya.

Sementara itu pihak Pusat Kebudayaan Prancis di Surabaya, Pramenda Krishna, Atase Pers, menyatakan di dalam siaran persnya kepada beritaseni, penghargaan tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

”Kami amat menghargai peranan Surabaya Heritage yang menunjukkan pentingnya dukungan untuk upaya konsisten pelestarian kekayaan budaya, agar sejarah dan identitas yang dimiliki kota Surabaya tidak hilang atau bahkan tak dikenal oleh generasi di masa mendatang,” kata Pramenda Krishna.

Bersamaan itu pula, pihak Pusat Kebudayaan Prancis di Surabaya [CCCL] mengadakan Pameran Fotografi bertema “Memotret Pusaka Budaya”. Pameran menunjukkan pusaka budaya Prancis berserta lingkungan sekitarnya yang merupakan milik negara, maupun kolektivitas lokal dan pribadi, yang perlu diketahui publik luas, baik di masa kini maupun yang akan datang. Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 23 April – 6 Mei 2008 di Galeri CCCL, Jln. Darmokali 10 Surabaya.

Pemberian penghargaan ”100 Pusaka Surabaya” merupakan bentuk kepedulian terhadap objek bersejarah di Surabaya, seperti bangunan rumah tinggal, gedung bersejarah, jembatan, kuliner, seni, dan budaya, lukisan, dan musik maupun terhadap perseorangan yang dinilai memiliki konstribusi dalam menjaga warisan budaya.

Selain benda-benda bersejarah, Surabaya Heritage dan KPSPS akan memberikan penghargaan kepada bahasa Surabaya yang mempunyai nilai heroik untuk menyemangati perjuangan arek-arek Suroboyo.

“Kami ingin menjaga agar identitas Surabaya tidak hilang ditelan waktu,” kata Freddy. [sumber : detiksurabaya.com, suarasurabaya.net, brangwetan.wordpress.com]


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Bicara heritage Surabaya emang gak ada habisnya. ada aja jng baru. eh belakangan ada lho oleh oleh kaos yang senada dengan tema ini di Surabaya.
Gw rekomendasiin mampir ke Kaoes Tjap Sawoong, motonya Soerabaia Poenja Gaia. Habis gw barusan ngeborong sih. hehehe…..
Tempatnya di mall baru di dekat Juanda. Cito ya?
top. Semua desainnya berbau tempo doeloe Soerabaia, foto-foto di pin juga bagus-bagus. hmmm…. Surabaya skrng ud punya oleh oleh kayak Jogja punya Dagadu dan Bali punya Joger. sukses lah…
eit nti kalau disana dikasih selebaran ada alamat blognya. klik aja sawoong.multiply.com

Komentar oleh Ruri Santana Putri




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s