Indonesia Art News Agency


Dendang Daging Berirama Trauma
Mei 10, 2008, 7:27 pm
Filed under: visual arts | Tag: ,

Teks : Frino Bariarcianur
Seorang perempuan biasanya sangat akrab dengan daging tapi bagi Loranita Theo daging punya cerita yang lain. Ia trauma dengan daging.

Pada daging mentah biasanya ada darah yang masih segar, itu yang membuat Nita, panggilan akrab Loranita Theo, menjadi trauma. Kejadian sewaktu Nita kecil yang “biasa” bagi banyak orang itu membuat dirinya dalam beberapa waktu tak bisa mengkonsumsi daging. Lantas ia pun berusaha memupus rasa jijiknya dengan mengakrabi daging-daging. Ia melukis daging mentah. Ia berusaha melawan rasa takut.

Pada pameran tunggal pertama yang berjudul “Dendang Daging” di Galeri Cemara 6, Jl. HOS. Cokroaminoto No 9 – 11 Menteng, Jakarta, 22 April – 15 Mei 2008, Nita tidak hanya menghadirkan sebuah pencitraan daging tapi juga hasil proses “penaklukkan” trauma. Dan proses terapi tersebut terlihat artistisk.

Menurut Rifky Effendi, kurator pameran, citra daging – daging dalam pandangan Nita menjadi berbeda, baik penggarapan secara visual maupun maknanya. Daging sebagai organ tubuh manusia atau mahluk hidup lain merupakan elemen penting karena daging berfungsi sebagai pengikat organ-organ tubuh yang vital, seperti tulang, urat syaraf maupun lainnya. Daging menjadi pelindung dan sekaligus membentuk dasar tubuh sebelum bagian terluar, yakni lapisan kulit. Daging bisa dilihat sebagai aspek perantara ruang internal maupun eksternal dalam konteks anatomi tubuh.

Pada karya berjudul “Daging Dombret” dan “ Duet Dombret” , menurut Riffky, Nita seolah sedang bermain-main dengan hubungan tanda atau bentuk formal dengan tubuh manusia, terutama bagian bokong. Dengan menambahkan obyek gelang resin pada imaji daging paha maupun menggambarkannya dari sudut tertentu.

“Nita menggarap daging itu secara seksama baik itu tekstur, lapisan, dimensi warna, dan bentuknya,” kata Riffky.

Padahal beberapa tahun ke belakang Nita praksis tak bersentuhan dengan kuas dan kanvas. Waktu datang ke rumahnya di Jatiwangi, tak ada lukisan Nita. Tapi sang suami, Arif Yudhi, selalu bercerita kalau Nita akan melukis kembali. Lulusan FSRD ITB tahun 1999 ini adalah ibu rumah tangga yang sehari-hari tenggelam dalam kesibukan mengurus anak dan suaminya. Namun bukan berarti melupakan dunia seni rupa karena dibalik sepak terjang Arif Yudhi [suaminya] selama ini, Nita adalah orang yang selalu memberikan semangat.

Ibu dari Adanya Kenayah ini selain melukis juga aktif dalam komunitas Jatiwangi Art Factory di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Komunitas ini didirkan oleh pemuda-pemuda Jatiwangi dengan mengusung semangat seni yang berpartisipasi pada masyarakat. Salah satu kegiatan yang pernah digagas komunitas Jatiwangi Art Factory pada tahun 2006 adalah “Jatiwangi International Performance Artist in Residence 2006”.

Hadir saat itu seniman performance dari beberapa negara luar, seperti Jepang, Turki, Yunani, Finlandia dan Australia.

Pada project ini seniman-seniman menyelami kehidupan masyarakat Jatiwangi. Ada yang membuat film bersama masyarakat, ada yang menjadi buruh pabrik genteng, ada yang menjadi petugas kelurahan dan ada juga yang belajar soal makanan dan kebiasan-kebiasaan orang Jatiwangi. Pada rangkaian kegiatan saat itu Nita terlihat sibuk mendokumentasikan kerja seniman dan masyarakat melalui handycam.

Meski mereka senang projek ini disambut oleh masyarakat Jatiwangi, mereka keteteran juga. Tapi tentu tidak seperti daging mentah yang bisa menimbulkan trauma. Dan kalau pun trauma, Nita sudah punya cara untuk menanggulanginya. []

sumber image : Galeri Cemara 6


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s