Indonesia Art News Agency


FAQ

[FAQ : Frequenly Asked Question]

Siapa saja yang boleh mengirimkan informasi? Siapapun boleh. Asal informasi tersebut tidak menyinggung persoalan SARA, HAM, atau norma-norma yang berlaku di masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Bagaimana cara mengirimkan informasi? Sangat mudah. Langsung saja kirim ke beritaseni@gmail.com

Saya berada di luar Bandung, apakah boleh mengirimkan informasi? Tentu boleh. Sekali lagi informasi itu memiliki data yang akurat, tidak ada unsur bohong.

Bagaimana menyusun informasi? Buatlah siaran pers

Apa itu siaran pers? Bagaimana membuatnya? Siaran pers adalah langkah awal sumber berita atau nara sumber untuk menyebarkan informasi kepada pihak luar. Siaran pers harus memuat unsur 5 W + 1 H [What, Who, Where, Why, When + How many, How muc, etc] agar memudahkan para jurnalis atau pembaca untuk memahami kegiatan Anda. Siaran pers biasanya memuat informasi secara kronologis, juga memuat alasan seseorang, pendapat dan segala hal yang ingin ia sampaikan. Siaran pers biasanya dilengkapi dengan nomor kontak untuk memudahkan konfirmasi.

Apakah Kantor Beritaseni Indonesia juga membutuhkan siaran pers? Ya! sangat membutuhkan siaran pers mengenai segala macam kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya di Indonesia. Bila perlu ditambah dengan foto-foto.

Bolehkah gambar porno dikirim? Boleh tapi bukan di sini tempatnya. Jenis tulisan apa saja yang diterima? Tulisan yang paling diinginkan berupa reportase dengan gaya bahasa yang sederhana, jelas dan mudah dipahami. Terserah mau pake metode jurnalisme sastra, dept reporting. Yang penting enak dibaca. Selain reportase juga menerima tulisan esei yang tajam, nakal dan menggelitik, seperti gaya tulisan Saut Situmorang. Tidak ada ketentuan berapa halaman atau karakter.

Kalau foto atau image? Boleh juga dikirim asal resolusinya dikecilkan.

Perlukah identitas? Sangat diperlukan. Setiap orang yang berpartisipasi harus menyertakan identitas jelas seperti nama, nomor telepon, email, dan cv. Identitas ini dibutuhkan sebagai pertanggungjawaban intelektual kepada publik.

Apakah hanya berlaku untuk kontributor saja? Tidak. Ketentuan ini berlaku juga kepada pembaca yang memberikan respon berupa komentar, kritik maupun saran terhadap karya jurnalistik yang dimuat Kantor Beritaseni Indonesia. Pemberi komentar minimal mencantumkan nama asli dan email.

Kalau menggunakan nama samaran, gimana? Sepanjang itu untuk menjaga keamanan pemberi komentar atau kontributor akan kami lakukan namun bila tidak, langsung kami hapus. Sebelumnya kami akan melakukan konfirmasi ulang.

Apakah komentar dimoderasi? Tidak. Sebab kami ingin publik dapat langsung berpartisipasi namun harus bertanggung jawab. Tidak mengeluarkan kata-kata kasar, hinaan, atau respon menyinggung SARA.

Apakah kontributor dibayar? Mohon maaf, para kontributor tidak dibayar alias suka rela memberikan karyanya kepada Kantor Beritaseni Indonesia.

Lho kok gitu? Gak profesional dong? Benar, kantor beritaseni indonesia memang belum profesional. Doakan saja tiap hari menjadi lebih baik.

Apakah ada rencana untuk membuat semacam kompilasi informasi seni dan budaya di Indonesia? Jelas ada, bentuknya sebuah buku. Tapi tidak sekarang.

O ya, kenapa namanya kantor berita? Karena ini sesuai dengan amanat UU Pers N0. 40 Tahun 1999 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendirikan kantor berita. Selain itu belum ada kantor berita yang khusus menyajikan informasi mengenai seni dan budaya di Indonesia. []

* Yang bertanya Frino Yang Menjawab Frino


38 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Dengan hormat,
Kami mengelola sebuah galeri yang bernama Galeri Publik yang berlokasi di Jl. diponegoro no.9, Menteng, Jakarta pusat. Kami ingin tahu bagaimana mensosialisasikan kegiatan kami di websitu ini. terima kasih.

revitriyoso (koordinator Galeri Publik)
http://www.galeripublik.multiply.com

Komentar oleh revitriyoso Husodo

INTERESTING

CONGRATULATIONS

Komentar oleh DHAIMELER

Bung Frino,

Mediamu emang joss tenan bung Frino. Selamat dan maju terus.

Komentar oleh Krisna Murti

Terima kasih banyak atas masukannya Bung Revitriyoso, juga Dhaimeler dan Pak Krisna

Untuk setiap kegiatan atau program silakan kirim datanya ke beritaseni@gmail.com dan kita sama-sama menyebarluaskan informasi seni dan budaya Indonesia.

Joss juga ah buat Pak Krisna. Pak jangan lupa janjinya yang mau kirim tulisan. Terima kasih banyak!

Komentar oleh beritaseni

selamat bung frino..kayaknya kita punya minat yang sama…semoga informasi seni berkembang menjadi jurnalisme yang lebih menarik.salam,

Komentar oleh abdul malik

Dukung sebarkan informasi seni dan budaya Indonesia. Tapi saya juga dikasih info donk ke stanlie_andika@yahoo.com or stanlie.andika@Gmail.com

Terima kasih,
dan idem bung abdul malik “semoga informasi seni berkembang menjadi jurnalisme yang lebih menarik.salam”

Komentar oleh stanlie andika

nnggg…mmm, begini bung frino,mmm…..nnnggg….kalo ngirim info/news gitu…mmmm…ada duitnya gak?…..

Beritaseni :
Bung @Arul tak ada duitnya nih! mau nyariin sponsor gak? hehehe

Komentar oleh @rul

kami dari Lembaga seni lukis dan Kaligrafi (LSLK) mengadakan pameran seni rupa “teropong kanvas” yang akan dilaksanakan pada tanggal : 14-30 mei 2007. acara :performance art, gelar budaya, seminar budaya, lomba lukis, musikalisasi puisi dan semedi lukis

Komentar oleh Rully wahyu

Mas Mbak pengelola, pertama-tama selamat ya. isinya bangus banget. Btw apa tulisan2 yang ada di kantor berita ini bisa dipublikasikan lagi di media lain. Kebetulan saya mengelola media mahasiswa dan ada rubrik tentang budaya juga, termasuk fiksi. Namanya HMINEWS.COM. Apa ada syaratnya, kalau boleh tahu, gratis ga?. Maaf kalau harus banyar kita ga mampu nih.. gimana? mohon tanggapannya ya. Oh ya kami mengundang Anda semua untuk berkunjung ke media kami kllik http://www.hminews.com. Makasih..

Komentar oleh Muhammad AS

Salam hangat Muhammad,
Terima kasih sudah mau berkunjung ke Kantor Beritaseni Indonesia, terima kasih atas ucapannya. Pada dasarnya Bung Muhammad bisa mengambil semua tulisan di sini dengan gratis. Namun kami sarankan juga untuk langsung meminta kepada penulisnya [silakan di klik fitur kontributor akan tertera alamat emailnya] dan menyebutkan sumber tulisan. Ini agar mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Maju terus Pers Mahasiswa.

salam
Redaksi

Komentar oleh beritaseni

bung frino…saya ingin membantu mu, tapi saya sedang “terjebak” dalam rutinitas yang aneh…
tapi pasti saya akan membantumu, paling tidak – memberi semangat!!!

MATDON

Komentar oleh Matdon

Bang Matdon, hatur nuhun. Dengan melihat wajah Bang Matdon yang khhharismatik, aku semangat kok. Hatur nuhun. [frino]

Komentar oleh beritaseni

ikuti..
lomba IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILKM), untuk wartawan media cetak dan radio

SYARAT u/MEDIA CETAK

1. karya sendiri
2. dimuat di media bersangkutan periode maret – juli 2007
3. kirim paling lambat akhir juli 2007 ke sekretariat FDWB plus data pribadi berikut kliping tulisan

SYARAT u/RADIO

1. karya sendiri
2.pernah disiarkan di radio bersangkutan periode maret – juli 2007
3. kirim paling lambat ke sekeetariat FDWB
4. CD/MP3/DVD

alamat FDWB

Jl.singaperbangsa nomor 1 A (gedung IKA UNPAD)

Komentar oleh MATDON

Saya Indra dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, Jl. Buah batu no.212, ingin bertanya, pada tanggal 5-8 juli 2007 di tempat kami akan diselenggarakan FAN (Festival Animasi Nasional). Ada banyak informasi yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat, salah satunya melalui situs ini (kalau boleh) dan berada di halaman utama. Dalam format apa file yang harus kami berikan, terutama image (soalnya ada semacam posternya), dan bagaimana caranya? Terima kasih…..

Komentar oleh Indra Ridwan

Indra di STSI Bandung,
Kirimlah siaran pers acara Festival Animasi Nasional yang memuat dasar pemikiran, tujuan, nama pendukung acara dan atau siaran pers tersebut memuat unsur 5 W + 1 H. Tulisan : doc. File image resolusinya 100 dpi. Mohon siaran pers tersebut juga disertakan kontak pribadi biar pembaca mudah untuk berkomunikasi. Seluruh info kirim ke email : beritaseni@gmail.com. Terima kasih atas kepercayaan Indra. Salam hangat! [frino]

Komentar oleh beritaseni

Indian Artists Network will be exhibiting award winning Indian artists paintings in Gallery II at Taman Ismail Marzuki in Jakarta from 23rd August till 5th September 2007.

Please come to see our exhibition along with your family and friends. We are also looking for volunteers who can guide and help us in publicity of our exhibition in various newspapers as well as TV channels and magazines/Radio stations.

If you know any art lovers/ art buyers / VIPs, please let them know about this exhibition.

IF YOU ARE A MEMBER OF ANY YAHOO / MSN OR OTHER GROUPS ON INTERNET, PLEASE SEND THIS MESSAGE TO YOUR GROUP OF FRIENDS ON INTERNET. IF YOU CAN SEND US YOUR EMAIL ADRESS WE CAN SEND YOU INVITATION CARD BY EMAIL OR YOU CAN GRAB THIS VISUAL FROM HERE TO BE SENT TO ALL YOUR FRIENDS.

We also want to have a permanent tie-up with major art galleries in each major city of Indonesia so we can hold at least one annual Indian Art exhibition in those reputed art galleries. Please let me know if you know any such art gallery.

Thanks a lot

Ajit Vahadane
Organiser,
Indian Artists network,
http://www.indianfinearts.com
admin@indianfinearts.com
+91-9821656016

Komentar oleh Ajit Vahadane

Dear Friends,
I need some help for publicity in various media like major newspapers.TV cannels and magazines and famous Indonesia websites and yahoo or MSN groups for our Indian art exhibitions in Jakarta at TIM from 23rd August 2007 till 5th September 2007.I am coming to jakarta and very soon for the preparations.PLease send me email if you can help me anyway.Please do not foget to come to see our exhibition along with your family and friends too.–Thnaks a lot–Ajit–admin@indianfinearts.com +91-9821656016

Komentar oleh Ajit Vahadane

Salam untuk semuanya.

Jika ada produk publikasi Kantor Berita Seni, kami sangat memerlukan untuk pencerahan mindset komunitas majlis ta’lim (http://nhfm.wordpress.com).

terimakasih

Komentar oleh Rakom NHFM Karawang

Salam hangat,
Terima kasih udah mau berkunjung ke beritaseni. Produk kami baru t ulisan dan foto saja. Silakan diunduh, moga-moga ada yang cocok.

salam
frino [west borneo]

Komentar oleh beritaseni

bung frino,
knapa belum ada ulasan seni yang baru.beberapa kali nengok kesini masih yg lama.apa update nya saban minggu atau saban berita masuk?

btw, salut euy bisa buat kantor berita seni.

note: kapan maen ke landraad deuy? kita kumpul2. (apa yang bisa saya bantu)

Komentar oleh topan

Bung Topan,
Maaf beribu maaf, soal keterlambatan up dating data di beritaseni, ini akibat aku yang lagi keasyikan di Singkawang. Tapi sekarang udah mulai aktif lagi kok. Terima kasih atas kritiknya. Kapan-kapan kalau ada waktu menulislah di beritaseni.

suatu malam, aku pasti datang ke Landraad.

frino [west borneo]

Komentar oleh beritaseni

Selamat, bung!
Berita-berita yang dirilis selama ini dapat menambah isi otak, menjadi tahu apa dan apa yang terjadi disetiap sudut, disemua belahan bumi Indonesia.
Maju terus!
Salam hangat dari Ubud.

Komentar oleh tukangsket

Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung akan memperingati Dies
Natalis ke-12. Dalam rangka Dies tersebut, mulai tanggal 24 s.d. 29
Agustus 2007, bertempat di kampus STSI Bandung Jl. Buahbatu no 212 akan diselenggarakan berbagai kegiatan yaitu; Seminar & Diskusi; Pameran Senirupa; Pertunjukan Teater; Pertunjukan Tari dan Karawitan.
Informasi Selengkapnya klik
http://www.stsi-bdg.ac.id/ind1/dies/index.html
file image telah terkirim pada email beritaseni@gmail.com

Komentar oleh Indra Ridwan

hari terakhir ini, sms berseliweran di hp uing, ada yang keluh kesah lantaran beritanya tidak dimuat (pasti wartawan), ada yang kangen ingin bertemu, ada yang ngajak billiard, ada pula yang masih bicara soal sajak “Malaikat”nya Syaefiul Badar.
Oh iya, ada juga yang ngajak bikin majalah/tabloid budaya.

SMS terakhir saya terima dari seorang kawan dari Yogyakarta, bahwa saat ini ada 30 penyair kontemprer dari 24 kota, yang akan baca puisi di Yogyakarta (23 –24 Agustus).

“wah ada penyair kontemporer?, lucu juga”, uing menjawab sms itu
“ada dong, mereka adalah penyair hebat yang sudah berjasa untuk dunia sastra, atermsuk si ……”, (sms itu lalu menyebut nama seorang dari Bandung)
“terserahlah….tapi kalau mau memilih jangan si anu atuh…seorang penyair atau siapapun dia, jangan hanya dilihat dari seringnya ia menulis di Koran sendiri, tapi lihat dulu kredibilitasnya di dunia nyata, dunia sesungguhnya yang tidak mengenal sastra,” saling balas sms terus berlangsung.

“lalu menurutmu penyair di Bandung yang pantas kausebut hebat dan kontemporer siapa?”

“yah…kalau saya mah memilih si ….” Urang ngajawab sms dan menyebut sebuah nama

“yah…nanti dia dapat giliran lah….” Balas sms dari yogyakarta

urang teu ngajawab deui, da pulsa beak

“lho kok ga ngejawab, aku tahu puisi penyair yang kau pilih itu bagus, nanti dapat giliran,”

urang teu ngajawab, asli beak pulsa. Nu dimaksud penyair hebat asal Bandung ku urang tea tidak lain Deddy koral.
Cik lah pang sms keun…….ka Yogyakarta

Komentar oleh matdon

Tanggal 22 Agustus saya telah mengirimkan informasi tentang dies di STSI Bandung, teks dan posternya melalui alamat email beritaseni@gmail.com, tapi sampai saat ini belum dimunculkan di site ini. Apakah ada masalah? -terimakasih-

Komentar oleh Indra Ridwan

Mohon dikirim lagi yaa bung Indra, maaf.

Komentar oleh frino bariarcianur

File telah dikirimkan kembali pada tanggal 27 agustus 2007, adapun acara puncak akan diadakan hari rabu pada tanggal 29 Agustus 2007. Semoga berita ini dapat segera dipublikasikan. Terima Kasih

Komentar oleh Indra Ridwan

—> Kawan-kawan wartawan d Bandung
> > HOTEL ARION Bandung dan MATAZIBRIL esTETIKa
> > mengundang
> > anda untuk menghadiri pembukaan pameran tunggal
> > lukisan TETET C POPO ISKANDAR,
> >
> > SABTU, 01 September 2007
> > PUKUL 19.00 WIB
> > di HOTEL ARION Jl.OTISTA BANDUNG
> >
> >
> > datanglah kawan…
> >
> > Matdon/MATAZIBRIL esTETIKa
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > MEDIA REALEASE
> >
> > Sukses menggelar dua pameran tunggal
> berturut-turut
> > dengan tajuk “Menggaris Cahaya” dan “The Spirit Of
> > Growth” di Jakarta, kembali Tetet C Popo Iskandar
> > menggelar pameran tunggal dengan tema
> “Meliorisme”,
> > pada 1 – 8 September 2007, di Hotel Arion Bandung.
> >
> > Meliorisme artinya dunia akan lebih baik melalui
> > usaha manusia yang baik pula, ini merupakan hasil
> > perenungan Tetet selama menjadi pelukis, penyair,
> > novelis maupun cerpenis.
> >
> > Pameran kali ini, masih mengetengahkan
> kecenderungan
> > judul yang berorientasi pada objek keseharian dan
> > suasana hati, dimana Tetet melukisnya tidak dengan
> > penggambaran apa adanya. Warisan tradisi modernis
> > dari
> > ayah sang maestro Popo Iskandar (alm), membuat ia
> > mampu melewati gairah analitik terhadap figur,
> > benda,
> > warna dan penghayatan terhadap unsur inti dan
> > abstrak
> > yang dilandasi keberpihakan pada wilayah emosi–
> yang
> > secara teoritis lukisannya masuk pada genre seni
> > lukis
> > abstrak. Tetet sangat khusuk dalam membuat efek
> > visual
> > dari pengolahan garis dan warna.
> >
> > Selain itu, pada pameran ini untuk pertama kalinya
> > ia
> > mencoba “mentransfer” lukisannya di atas kain
> sutera
> > dengan proses membatik – yang – pengerjaannya
> tentu
> > sangat rumit. “Mungkin ini lukisam pertama di
> > Indonesia yang dibuat di atas kain sutera,” ujar
> > Tetet
> > seraya meyakinkan,kalau upayanya ini m,erupakan
> > pencarian yang disemangati oleh kata “Meliorisme”
> > itu
> > sendiri.
> >
> >
> > Cp : matdon – 081-6486-4427 / 911-65186
> >
> >

Komentar oleh adi

Kalau kirim berita lagi mohon tanda tutup kurungnya dihapus dulu ya. biar enak dibaca. thanks

frino

Komentar oleh beritaseni

iya bapak frino…..
kapan ke bandung lagi..banyak yang kangen tuh, terutama cewek2

Komentar oleh matdon

Dear kantor berita Indonesia,…
aku minta info2 terbaru mengenai acara2 seni-budaya bulan september ini ya. terutama yang di Jakarta

Komentar oleh fatma

Maaf Bu Fatma, kami belum bisa menyajikan program seni budaya dengan rutin. Kami akan berusaha mengontak beberapa teman untuk memenuhi permintaan Ibu Fatma. Dan rencananya kami akan membuat folder atau halaman khusus mengenai AGENDA kegiatan. Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan dan kurangnya informasi kepada Ibu Fatma dan pembaca.

frino [west borneo]

Komentar oleh beritaseni

ada yang mengetahui kontak2 keturunan pelukis2 seperti: affandi, popo iskandar, sudarso, sudjojono, basuki abdullah, srihadhy?

mohon bantuannya,
dikirimkan ke box_rina@yahoo.com
terima kasih!!!

.sabrina.

Komentar oleh sabrina

Amazing! This blog looks exactly like my old one! It’s on a totally different subject but it has pretty much the same page layout and design. Wonderful choice of colors!

Komentar oleh lose weight for free

It’s very easy to find out any matter on net as compared to books, as I found this article at this site.

Komentar oleh TotalWellness | ChadwickM

e będziemy wzdrygać się powyżej
kundlem, niech mu pacocalderon.net świat rozkoszną pozostanie, jakkolwiek przedstawiło się,
że chuj owo był, nie
psina. Naprawdę się rozprowadzić ustalić, bez jednego szczeknięcia.
..
– Po tetratoksynie także iżbyśmy się dał ustalić bez szczeknięcia – przerwał
burkliwie Wagner.
. Bez pośpiechu, iżby nie zadrasnąć się w paluszek, obejrzał
stalową strzałkę wyciągniętą
z psiego boku. Wrzucił ją po.

Komentar oleh pacocalderon.net

You could certainly see your skills within the work you write.
The arena hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe.
Always go after your heart.

Komentar oleh Eau de Toilette und Parfum

erwo stało się miłe, siarka oraz saletra chociażby deputed z hufnalami ważyły skromniej niżeli naukowe owcze bebechy.
Odmiennej
wartościowy, prócz odmiennej poprzez gęstwina, nie stało
się. Zbrojni obstawiali szczelnie smoczą pieczarę,

Komentar oleh deputed




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s